Monday, May 6, 2013

Teka-Teki Kasus Seorang Detektif


Teka-Teki Kasus Seorang Detektif


Hari ini Detektif Nanco dimintai tolong oleh Tuan Tanah yang kaya untuk menyelidiki kasus penculikan uang. Tuan Tanah itu bernama Mr. Prince.
Prince berkata "Uang itu ada dalam sebuah amplop, tapi sekarang amplop itu isinya kosong. Pasti ada yang mencurinya!!"
Detektif mencurigai ini pasti perbuatan orang dalam. Lalu menanyai penghuni rumah mewah itu satu persatu."

Pertama adalah si sopir, Markus, berkata:
"Saya memang yang pertama membawa amplop itu, dan saya tahu itu isinya uang namun amplop itu langsung saya taruh di atas meja di ruangan pribadinya tuan Prince" kata Markus.

Kedua si tukang bersih-bersih, Ramon, berkata:
"Saya memang melihat amplop diatas meja, saya tidak tahu isinya tapi saya merasa amplop itu sangat penting. Karena itu saya lalu menyelipkannya di sebuah buku antara halaman 185 & 186" ujar Ramon.

Ketiga si nyonya tuan rumah, Mrs. Prince
"Hawa rumah sangat dingin, karena itu saya ingin menyalakan pemanas di ruang pribadi suami saya. Tapi saya melihat amplop itu sudah jatuh di bawah meja. Saya penasaran, karena itu saya buka, tapi ternyata isinya kosong" celotehnya.

Detektif benar-benar bingung, semua tersangka memiliki alibi, tapi semua tersangka juga ada kemungkinan mencuri.
Bisa saja Markus sudah mencuri sebelum menaruh di meja. Atau mungkin Ramon sebelum diselipkan di buku. Atau si nyonya pura-pura membuka dan mengatakan bahwa amplopnya sudah kosong. Atau juga tidak menutup kemungkinan si Prince mengaku pura-pura kecurian, padahal sebenarnya pelakunya justru dia sendiri??

Pertanyannya, siapakah diantara keempat orang itu yang mencuri??
Akhirnya, Detektif Nanco menemukan jawabannya, ia menuliskannya di buku. Namun, ia tidak sengaja menumpahkan tinta, sehingga tulisannya menjadi hitam semua. Tetapi, ia masih bisa melihat jawabannya menembus di halaman sebaliknya dengan tulisan yang terbalik. Jika kalian ingin melihatnya, dapat menggunakan cermin atau tekan tombol printscreen pada keyboard/Copy gambar, paste ke paint, lalu klik Rotate-->flip horizontal. Inilah jawabannya:

No comments:

Post a Comment

Designed by Animart Powered by Blogger